Afifi, Latif Mahmud (2024) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN DALAM KEKHOLIFAHAN UTSMAN BIN AFFAN RA. DALAM BUKU AL-BIDAYAH WA-NIHAYAH (Studi Atas Karya Al-Hafidz Ibnu Katsir). Skripsi thesis, Institut Islam Nahdlatul Ulama Temanggung.
![2117038_BAB_I_BAB_V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of 2117038_BAB_I_BAB_V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.inisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2117038_BAB_I_BAB_V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Download (2MB)
Abstract
Lingkungan menjadi komponen utama dalam sistem Pendidikan. Banyak peserta didik yang sudah terpola dalam pikiran dan kegiatan yang akan dilakukan sesuai dengan kebiasaan terdahulu yang telah dilakukan oleh orangtua, lingkungan, masyarakat. Dilihat kepada perilaku umat islam. Pendidikan kepemimpinan diharapkan membantu siswa sebagai generasi penerus bangsa agar siap menjadi pemimpin-pemimpin yang berkarakter dan bermoral luhur. Yang didasari dengan karakteristik pemimpin ideal berdasarkan analisis ajaran Rasulullah Saw. yaitu sidiq, amanah, tabligh, dan fathanah. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: Mengetahui nilai-nilai pendidikan kepemimpinan pada masa kekhalifahan Utsman bin Affan yang terkandung dalam buku Al-Bidayah Wa-Nihayah karya Al-Hafidz Ibnu Katsir. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan, menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan dilihat dari sifatnya penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer (Buku Al-Bidayah Wa-Nihayah (Studi Atas Karya Al-Hafidz Ibnu Katsir)) dan sumber data sekunder (buku, jurnal, dan sumber lain yang terkait dengan pembahasan). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan Teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis).
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi nilai-nilai pendidikan kepemimpinan pada masa kekhalifahan Utsman bin Affan seperti yang terdapat dalam buku Al-Bidayah Wa-Nihayah karya Al-Hafidz Ibnu Katsir. Pemahaman terhadap nilai-nilai ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan panduan relevan dalam mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam pendidikan karakter di Indonesia. Penelitian ini mengidentifikasi lima nilai utama pendidikan kepemimpinan yang tercermin dari kehidupan Utsman bin Affan: kecerdasan, keyakinan diri, ketekunan, integritas, dan bersosialisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Utsman bin Affan adalah contoh yang sangat relevan dalam memahami dan menerapkan nilai-nilai kepemimpinan Islam dalam konteks modern
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Kepemimpinan, Kekhalifahan, Al-Bidayah Wa-Nihayah. |
Subjects: | L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > 86208 S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | SIP. Makhsun Baidlowi |
Date Deposited: | 08 Mar 2025 01:58 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 04:23 |
URI: | https://repository.inisnu.ac.id/id/eprint/7 |