Ma’tufah, Zaidatul (2024) PENDIDIKAN KARAKTER PADA SANTRI SALAF DAN KHALAF DI PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAH PRAPAK KRANGGAN TEMANGGUNG. Skripsi thesis, Institut Islam Nahdlatul Ulama Temanggung.
![2120063_BAB-I_BAB-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of 2120063_BAB-I_BAB-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.inisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2120063_BAB-I_BAB-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (6MB)
Abstract
Pendidikan karakter di pondok pesantren Al Hidayah Prapak Kranggan Temanggung sering kali menghadapi tantangan integrasi antara pendekatan salaf (tradisional) dan khalaf (modern). Masalah utama adalah bagaimana menggabungkan nilai-nilai keislaman yang kental dengan nilai-nilai kontemporer tanpa mengurangi keaslian pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam. Dengan pendidikan karakter yang tidak hanya berfokus pada aspek religius, tetapi juga pada pengembangan sikap sosial dan etika yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendidikan karakter pada santri salaf dan khalaf di Pondok Pesantren Al-Hidayah Prapak Kranggan Temangung. Pendidikan karakter merupakan bagian integral dari proses pembelajaran di pesantren, yang melibatkan pembentukan nilai-nilai moral dan etika pada santri. Serta untuk mengevaluasi keefektifan pendidikan karakter ini dalam membentuk kepribadian yang seimbang antara nilai-nilai keislaman dan kebutuhan zaman. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan fenomenologi. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Dengan informan utama adalah pengasuh, pengurus, dan santri yang mewakili berbagai tingkatan pendidikan di pesantren. Kesimpulan dari hasil penelitian sebagai berikut. Pertama pendidikan karakter di pondok pesantren diimplementasikan melalui kurikulum formal dan informal yang diintegrasikan melalui ajaran agama Islam dengan nilai-nilai moral universal. Kedua santri salaf dan khalaf diberikan pendidikan yang berbeda sesuai dengan tahapan perkembangan mereka, namun tujuan akhirnya adalah untuk membentuk pribadi yang taat beragama, berakhlak mulia, bertanggung jawab dalam kehidupan masyarakat. Ketiga implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya mempertahankan dan mengembangkan model pendidikan karakter yang berbasis nilai-nilai keislaman dalam konteks pendidikan pesantren di Indonesia
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pesantren, Pendidikan Karakter, Santri |
Subjects: | L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > 86208 S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | SIP. Makhsun Baidlowi |
Date Deposited: | 08 Mar 2025 02:09 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 04:22 |
URI: | https://repository.inisnu.ac.id/id/eprint/8 |