Diah Ayu, Wulandari (2024) IMPLEMENTASI METODE AL FATIH DALAM PROGRAM AKSELERASI EMPAT BULAN BISA BACA KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN ANNUR PAKIS MAGELANG. Skripsi thesis, Institut Islam Nahdlatul Ulama Temanggung.
![2120009_BAB-I_BAB-V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of 2120009_BAB-I_BAB-V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.inisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2120009_BAB-I_BAB-V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (3MB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah mempelajari dan memahami kitab kuning sangatlah sulit dan membutuhkan waktu lama, maka perlu sebuah alat untuk mempermudah mempelajari dan memahaminya. Maka dengan adanya metode Al Fatih diharapkan mampu mempermudah dan mempercepat masa pembelajaran nahwu dan shorof. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Al Fatih dalam program akselerasi empat bulan bisa baca kitab kuning dan faktor pendukung dan penghambat penerapan metode Al Fatih dalam program akselerasi empat bulan bisa baca kitab kuning di Pondok Pesantren An-Nur Pakis Magelang. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan fenomenologi. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa data primer yaitu hasil observasi dan hasil wawancara. Data sekunder berupa arsip dan foto dokumentasi kegiatan di Pondok Pesantren An-Nur Pakis Magelang. Dalam teknis analisis data, penulis mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan triangulasi data. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, Metode Al Fatih merupakan metode yang baru dalam pembelajaran kitab kuning. Metode ini adalah salah satu metode percepatan dalam membaca kitab kuning. Penerapan metode Al Fatih dalam program akselerasi ini meliputi tiga tahap yaitu pemahaman materi, praktik, dan evaluasi. Kedua, Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penerapan metode Al Fatih. Faktor pendukungnya adalah metode pembelajaran, tenaga pengajar, lingkungan social, sarana dan prasarana yang memadai. Adapun faktor penghambat terdiri dari perbedaan bahasa, perbedaan usia dan keterbatasan pengajar. Novelty dari penelitian ini adalah dalam mempelajari dan memahami kitab kuning sangat sulit dan membutuhkan waktu yang lama. Maka dibutuhkan alat untuk mempermudah mempelajari pembelajaran tersebut. Metode Al Fatih dapat dijadikan sebagai alat untuk belajar untuk mempermudah santri dalam mempelajari nahwu dan shorof dengan waktu yang efisien
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode Al Fatih, nahwu, shorof |
Subjects: | L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > 86208 S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | SIP. Makhsun Baidlowi |
Date Deposited: | 08 Mar 2025 02:38 |
Last Modified: | 08 Mar 2025 02:38 |
URI: | https://repository.inisnu.ac.id/id/eprint/11 |